A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; MY_Lang has a deprecated constructor

Filename: core/MY_Lang.php

Line Number: 16

16Dec2016
Stories of Change

Nabil, delapan tahun, tahu di dalam darahnya ada virus yang membuatnya gampang jatuh sakit. Virus itu bernama HIV. Sang nenek memberitahunya suatu kali. Tapi yang tidak ia tahu adalah alasan teman-teman dan orang tua mereka berubah sikap di sekolah.

16Dec2016
Stories of Change

Maret 2014. Akhirnya berita itu datang juga! Berita yang telah lama kami dengar hanya sebagai kabar angin, ternyata betul adanya. Di tengah laju perkembangan organisasi, SMERU Research Institute mendapat berita mengejutkan dari Knowledge Sector Initiative (KSI) bahwa akan terjadi pengurangan dana inti (core funding) dari Pemerintah Australia.

16Dec2016
Stories of Change

Malaysia, negara tetangga kita memiliki target melahirkan seorang penerima penghargaan Nobel pada 2030. Kapan Indonesia memiliki seorang penerima penghargaan Nobel? Sungguh ini bukan pekerjaan mudah yang dapat diselesaikan dalam waktu semalam. Tapi langkah terobosan dan pembenahan dunia penelitian harus segera dilakukan.

16Dec2016
Stories of Change

AKATIGA berproses. Memasuki usia ke-20 di Tahun 2011, AKATIGA harus menetapkan berbagai pilihan yang akan menjadi langkah awal bagi masa depannya. AKATIGA bertransformasi dari penyedia fakta menjadi pendorong perubahan kebijakan. Sebelumnya, hasil riset AKATIGA menjadi amunisi bagi lembaga lain dalam mendorong perubahan kebijakan. Saat ini AKATIGA berperan aktif mendorong dihasilkannya Kebijakan Berbasis Bukti dengan berbagai hasil riset yang berkualitas.

16Dec2016
Stories of Change

“There is nothing a government hates more than to be well informed; for it makes the process of arriving at decisions much more complicated and difficult.”-John Maynard Keynes

16Dec2016
Stories of Change

Belitung, November 2013. Ilmuwan senior dan Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Professor Sangkot Marzuki, mengumpulkan 12 ilmuwan muda dari berbagai bidang ilmu pengetahuan. Mereka berasal dari berberapa perguruan tinggi dan lembaga penelitian di Tanah Air.

16Dec2016
Stories of Change

Semua orang yang bergelut di dunia kesehatan paham bahwa fraud (kecurangan) ada dan dilakukan oleh dokter. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2007 menemukan sebesar 69 persen penyedia layanan kesehatan melakukan kecurangan. Kecurangan dilakukan paling banyak oleh penyedia layanan kesehatan yakni dokter, rumah sakit, dan laboratorium. Penelitian ini juga menemukan 31 persen peserta asuransi kesehatan kemungkinan melakukan kecurangan.

16Dec2016
Stories of Change

Suatu sore di Lembaga Eijkman, Jakarta. Di ruang oval yang dingin, saya duduk menghadap Prof. Sangkot Marzuki, Direktur Lembaga Eijkman sekaligus Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI). Guru besar berusia 70 tahun itu terdiam. Wajahnya kecewa. Matanya tak lepas menatap bergantian dua artikel yang saya bawakan. Ada bau plagiarisme di situ. “Saya sudah menandai sejumlah paragraf yang sama persis, Prof,” kata saya hati-hati.

16Dec2016
Stories of Change

Di hadapan peserta konferensi internasional global warming pada akhir 2007 di Bali, Presiden SBY mengumumkan proyek “blue energy”. Proyek ini mengklaim dapat mengubah air menjadi bahan bakar dengan mudah. Tapi menjelang produksinya, penemu teknologi ini, Joko Suprapto, justru menghilang padahal beritanya sudah tersebar luas.

16Dec2016
Stories of Change

Tidak ada ilmuwan sosial di Indonesia, terutama yang meminati studi-studi pembangunan dan perubahan di perdesaan yang tidak mengenal Sajogyo. Alumnus dan mantan Rektor Institut Pertanian Bogor 1963-1965 ini dikenal sebagai peletak dasar studi-studi sosial-ekonomi perdesaan di Indonesia.

Tampilkan Lagi