A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; MY_Lang has a deprecated constructor

Filename: core/MY_Lang.php

Line Number: 16

Working Papers
20Dec2016
Working Papers

Makalah ini mendokumentasikan temuan dari sebuah penilaian terhadap perolehan pengetahuan penelitian oleh pengambil keputusan tingkat nasional di Indonesia. Penilaian tersebut berdasarkan pada 32 wawancara dan kelompok diskusi terarah dengan 95 orang yang terdiri dari pengambil keputusan pemerintah tingkat menengah dan tinggi baik dari lembaga eksekutif maupun legislatif di sejumlah sektor (termasuk perdagangan, keuangan, kesehatan, pendidikan dan kebijakan sosial).

17Dec2016
Stories of Change

Kita sering mendengar slogan “nothing can stay on their way, except change”. Semua berubah dan tiada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan itu sendiri. Perubahan adalah hukum alam yang tidak dapat ditolak kehadirannya. Perubahan ke arah yang lebih baik itu pula yang sedang terjadi dalam tubuh Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI).

17Dec2016
Stories of Change

Ketika meluncurkan aplikasi datapolitik.org, tak pernah terpikirkan Puskapol akan menghasilkan produk akademik dalam bentuk aplikasi. Data tidak ditampilkan di dalam makalah tapi dalam bentuk tabel, grafik dan peta spasial yang bisa diakses lewat smartphone. Perubahan ini terasa drastis karena sebelumnya Puskapol hanya mengemas produk riset dalam bentuk makalah dan siaran pers.

17Dec2016
Stories of Change

Di negeri kita perizinan usaha dan pungutan (pajak/retribusi) masih menjadi isu krusial. Kalangan dunia usaha merasa regulasi perizinan usaha dan pungutan mengganjal kelancaran berusaha. Rupanya kita masih harus menempuh jalan panjang untuk melakukan reformasi.

17Dec2016
Stories of Change

Titah Menteri Kelautan dan Perikanan saat itu bukan petir di siang bolong. Titah menteri disambut baik Balitbang KP karena dapat meningkatkan perannya dalam proses pengambilan kebijakan. Sebagai institusi yang tugas dan fungsinya melakukan penelitian di bidang kelautan dan perikanan, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kelautan dan Perikanan (KP), selama ini dianggap masih belum banyak berkontribusi memberikan output atau keluaran yang dibutuhkan direktorat jenderal (dirjen) teknis di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai landasan pengambilan kebijakan. Selama ini, direktorat teknis KKP kadang menggunakan jasa konsultan untuk mengerjakan kajian yang hasilnya digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan.

17Dec2016
Stories of Change

Lembaga Penelitian SMERU adalah lembaga yang fokus pada penelitian terkait isu-isu sosial dan ekonomi yang mendesak bagi kepentingan bangsa Indonesia. Sejak berdiri pada 2001, SMERU konsisten berada pada jalur penelitian dan menahan diri untuk tidak terlibat langsung dalam kegiatan advokasi kebijakan publik. Secara khusus SMERU tidak pernah mengawal hasil penelitiannya apakah telah menjadi input kebijakan publik atau tidak. Dalam beberapa kasus, ada beberapa perubahan kebijakan publik yang sejalan dengan rekomendasi penelitian SMERU. Namun, SMERU tidak bisa mengklaim bahwa hal itu terjadi karena penelitian yang dilakukannya.

17Dec2016
Stories of Change

Beberapa kursi roda berjejer di ruang tunggu bandara. Pendamping bagi orang dengan disabilitas juga disediakan oleh maskapai penerbangan. Seseorang dengan disabilitas juga tidak perlu lagi menandatangani surat pernyataan sakit berat. Prosedur standar pelayanan penerbangan yang ada telah disesuaikan dengan kebutuhan penumpang disabilitas oleh salah satu maskapai penerbangan. Orang dengan disabilitas lebih mudah untuk berpergian dengan menggunakan pesawat terbang.

17Dec2016
Stories of Change

"Yang kita kejar bukan Nobel. Yang kita kejar yaitu selesaikan permasalahan di Indonesia secara profesional. Enggak bisa diselesaikan satu orang, satu generasi," kata Habibie usai pengukuhan Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) dan peluncuran buku SAINS45 di kediamannya, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat malam, 19 Agustus 2016

17Dec2016
Stories of Change

RSUD Umbu Rara Meha (RSUD URM) adalah salah satu tumpuan harapan masyarakat Kabupaten Sumba Timur untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Tetapi sebelum tahun 2011 jumlah tenaga medis spesialis di rumah sakit ini serba terbatas. Hanya satu dokter spesialis untuk melayani 100 ribu penduduk.

17Dec2016
Stories of Change

“Saya tak mengira kalau kami akan seperti sekarang. Semuanya karena Knowledge Sector Initiative. Dulu kami tak bermimpi mendapat undangan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kementerian Kesehatan untuk mempresentasikan hasil studi,” tutur Bondan Sikoki, pendiri dan pembina SurveyMETER membuka cerita.

Tampilkan Lagi