A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; MY_Lang has a deprecated constructor

Filename: core/MY_Lang.php

Line Number: 16

17Dec2016
Stories of Change

Sebuah lembaga yang dikelola tanpa Perencanaan Strategis (Renstra) bagai sekelompok pelaut yang berlayar tanpa arah. Tidak ada tujuan yang jelas begitu juga dengan peta jalan untuk meraih tujuan tersebut. Sebelum tahun 2012 Pusat Kajian Politik (Puskapol) UI sebagai lembaga riset tidak pernah memiliki Renstra atau perencanaan kerja lembaga yang disusun secara berkala.

17Dec2016
Stories of Change

Sebuah organisasi think tank dinilai berkembang jika memenuhi dua hal: akuntabilitas proses dan kualitas pengetahuan. Akuntabilitas terkait dengan transparansi manajemen organisasi. Sementara kualitas pengetahuan menyangkut publikasi hasil penelitian di jurnal akademik. Tulisan ini mengisahkan perubahan berorganisasi di Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD) Paramadina dalam menjaga kualitas hasil penelitian di atas fondasi organisasi yang akuntabel.

17Dec2016
Stories of Change

Pada akhir tahun 2012, untuk kali pertama saya datang lagi ke kantor lama saya. Penelitian disertasi saya tentang kebijakan negara soal ibadah haji sudah hampir rampung, dan sayapun kangen jumpa teman-teman. Senang sekali saya bertemu staf dan peneliti baru. Beberapa sudut kantor masih terlihat sama. Tembok, kursi, meja terlihat agak kusam, meskipun sebenarnya dibanding dulupun tidaklah jauh berbeda. Buku, jurnal, majalah dan buletin masih terpampang di sana, lumayan rapi.

17Dec2016
Stories of Change

“Proses reformasi birokrasi yang berjalan sekarang ini harus lebih dipertajam dan kuat menyasar masalah-masalah dasar birokrasi. Harusnya meningkatkan kapasitas birokrasi dalam memenuhi kemauan publik, tetapi hal ini belum terjadi. Yang terjadi sekarang justru bergeser menjadi remunerasi. Hasilnya adalah birokrasi yang semakin mahal tetapi performanya tidak meningkat,” begitu dikatakan Sofian Effendi, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menanggapi perkembangan reformasi birokrasi yang telah berjalan hingga sekarang ini.

17Dec2016
Stories of Change

“Kesadaran untuk melakukan penelitian yang lebih bisa mendukung program kesehatan sebenarnya sudah lama dan sejak dulu ada. Tetapi dulu kami cenderung hanya meneliti saja. Tidak pernah memikirkan apakah hasil penelitian akan bermanfaat secara langsung dan segera bagi program kesehatan atau tidak,” demikian pendapat sejumlah peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan ketika ditanya tentang relasi penelitian yang dilakukannya dengan program dan kebijakan kesehatan.

17Dec2016
Stories of Change

Siapa yang mengenal AIPI? Mungkin orang lebih mengenal LIPI dibanding AIPI. Ini yang saya rasakan ketika hari pertama masuk kerja di KSI. “AIPI itu LIPI ya, bu?" tanya saya ke Budiati Prasetiamartati, Program Lead KSI. "AIPI itu Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. Bukan akademi seperti universitas, didirikan oleh undang-undang. Mantan Presiden Habibie salah satu pendirinya. Anggotanya merupakan kumpulan ilmuwan-ilmuwan terkemuka Indonesia,” jelas Budiati.

17Dec2016
Stories of Change

Maret 2007, Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Panitia Khusus Revisi UU Bidang Politik yang diketuai Ganjar Pranowo (Anggota Komisi 2 DPR RI) menerima kelompok perempuan yang dipimpin Koalisi Perempuan Indonesia (KPI).

17Dec2016
Stories of Change

Tanggal 1 September 2016, Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merayakan ulang tahunnya yang ke-45. Usia yang cukup panjang bagi keberadaan lembaga think tank di Indonesia. Perubahan lingkungan organisasi baik yang terjadi di dalam maupun di luar negeri menjadi bagian yang melekat dalam perjalanan CSIS selama lebih dari empat dekade.

16Dec2016
Stories of Change

Yogyakarta 27 Mei 2006. Seorang ibu berlari sambil menggendong bayinya dan tergesa meninggalkan harta bendanya. Sirene ambulans meraung menyeruak menambah hiruk-pikuk kepanikan tenaga kesehatan dan tim Search and Resque (SAR).

16Dec2016
Stories of Change

Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), sejak berdiri tahun 1990 sampai usianya ke-18, belum mengalami banyak perubahan. Khalayak tidak mengenal AIPI.

Tampilkan Lagi