A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; MY_Lang has a deprecated constructor

Filename: core/MY_Lang.php

Line Number: 16

17Dec2016
Stories of Change

Di negeri kita perizinan usaha dan pungutan (pajak/retribusi) masih menjadi isu krusial. Kalangan dunia usaha merasa regulasi perizinan usaha dan pungutan mengganjal kelancaran berusaha. Rupanya kita masih harus menempuh jalan panjang untuk melakukan reformasi.

17Dec2016
Stories of Change

Ketika meluncurkan aplikasi datapolitik.org, tak pernah terpikirkan Puskapol akan menghasilkan produk akademik dalam bentuk aplikasi. Data tidak ditampilkan di dalam makalah tapi dalam bentuk tabel, grafik dan peta spasial yang bisa diakses lewat smartphone. Perubahan ini terasa drastis karena sebelumnya Puskapol hanya mengemas produk riset dalam bentuk makalah dan siaran pers.

17Dec2016
Stories of Change

Kita sering mendengar slogan “nothing can stay on their way, except change”. Semua berubah dan tiada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan itu sendiri. Perubahan adalah hukum alam yang tidak dapat ditolak kehadirannya. Perubahan ke arah yang lebih baik itu pula yang sedang terjadi dalam tubuh Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI).

16Dec2016
Stories of Change

Di perantauan, sebut saja Ciputat, pada Desember 2014, saya baru saja menyandang gelar sarjana Humaniora di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Perasaan bangga dan haru tentu saja tidak bisa ditampikkan. Perubahan status dari mahasiswa menjadi alumni, adalah keberhasilan yang patut dirayakan. Ditambah bergabungnya saya di Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) sebagai peneliti atas ajakan Pak Saiful Umam, turut melengkapi kebahagaiaan kala itu.

16Dec2016
Stories of Change

Dihadapkan pada kenyataan yang tidak menguntungkan, dengan kewajiban mengelola jurnal ilmiah yang nyaris tumbang, Sub Bagian Perpustakaan, Informasi, dan Dokumentasi Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri harus ekstra sabar. Pengelolaan yang baik dan benar tidak serta merta mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak. Pengelola lama dan pimpinan seolah ditunggangi kepentingan pribadi. Unsur subyektif tidak pernah menjauh. Idealisme bak mendobrak batas ketidakmungkinan, hanya demi sebuah perubahan.

16Dec2016
Stories of Change

PUBLIKASI Stories of Change Wawancara dengan Komputer: Cara Baru Menghemat Biaya Survei - Cerita Perubahan untuk Pengumpulan Data Penelitian yang Efisien dan Berkualitas Masih teringat jelas keluh-kesah tim Sumatera Utara, “Tim sudah pindah dari Sibolga ke Pulau Nias. Kami menyeberang lautan dengan kapal selama semalam. Beberapa kardus kuesioner harus kami bawa. Kami masih harus ganti truk dan memindahkan kuesioner. Bahkan untuk menuju desa kedua pewawancara harus berjalan kaki beberapa jam. Berat langkah kaki ketika harus membawa tas ransel berisi kuesioner. Setiap malam hingga larut, kami masih harus membolak-balik kertas kuesioner untuk pengecekan.”

16Dec2016
Stories of Change

Warga desa berkumpul di ruangan. Sebuah layar terpampang di depan. Layar mengisahkan asal usul air mengalir ke desa. Semua penonton dengan serius menyimak cerita. Kisah berakhir, layar padam. Warga desa mulai berdiskusi mengenai film yang baru selesai mereka saksikan.

16Dec2016
Stories of Change

Oktober 2014, ada yang tidak biasa pada Nila Warda, akrab dipanggil Lala dan anggota tim survei SMERU. Berkunjung ke perdesaan di Timor Tengah Selatan, langkah mereka tampak lebih ringan dari biasanya. Alih-alih berbekal ransel besar berisi tumpukan kertas kuesioner, masing-masing anggota tim masuk ke rumah-rumah warga berbekal satu buah tablet pintar saja. Itulah saat pertama kali SMERU secara resmi menggunakan metode pengambilan data primer yang dibantu dengan tablet pintar, atau lazim disebut Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI).

16Dec2016
Stories of Change

Siapa yang tidak suka kota Bogor? Kota dengan luas wilayah 11.850 Ha² ini memiliki alam yang asri dan udara yang sejuk. Hujan yang turun hampir setiap sore hari menambah kesejukan kota yang dikenal sebagai “puseur tatar sunda” (pusat tanah sunda).

16Dec2016
Stories of Change

Siang itu Agit, staf Pusat Kajian Analis Kebijakan (Pusaka) LAN bingung. Keringat biji jagung menghias pelipisnya. Kurang setengah jam lagi, rapat dadakan akan dimulai, namun ia belum menemukan berkas contoh policy brief yang hendak dibahas. Mencari satu berkas di antara ribuan yang tersimpan di hardisk komputer sama payahnya seperti mencari jarum di tumpukan jerami apabila tidak dikelola dengan baik.

Tampilkan Lagi