A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; MY_Lang has a deprecated constructor

Filename: core/MY_Lang.php

Line Number: 16

Knowledge Sector Initiative

Better Policies Better Lives TM
10Oct2019
Lainnya

Bersama dengan Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG), melihat potensi sektor swasta dalam mendukung praktik penyusunan kebijakan berbasis bukti di Indonesia melalui kegiatan riset kebijakan.

09Oct2019
Lainnya

Bersama dengan Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK), meniliti kebijakan insentif pajak bagi filantropi agar dapat diakses secara luas, dan dapat digunakan secara efektif.

28Jun2019
Lainnya

KSI dan AKATIGA kembali bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk mendorong implementasi Swakelola Tipe III, yaitu kolaborasi pemerintah dan ormas untuk inovasi pembangunan.

15Apr2019
Lainnya

Ada sebagian masyarakat yang membutuhkan pertimbangan tambahan untuk mendapatkan pengalaman yang sama dengan yang lainnya. Praktik umum ketika menyiapkan acara atau bahan komunikasi adalah untuk melayani masyarakat umum, tidak menyadari kebutuhan kaum minoritas. Menyadari tren ini, penting untuk mulai menentukan faktor-faktor yang memastikan inklusivitas bagi setiap peserta dan hadirin.

11Apr2019
Lainnya

Konsep GESI merupakan seperangkat alat analisis untuk menelaah dampak relasi laki-laki dan perempuan serta relasi antarentitas di dalam masyarakat pada capaian pembangunan. Secara kritis penggunaan konsep GESI memosisikan relasi kuasa gender sebagai alat teropong atas hasil penelitian di perguruan tinggi yang menerima hibah riset dari Kemenristekdikti.

26Nov2018
Lainnya

Angka partisipasi perempuan di berbagai sektor menunjukkan kenaikan yang signifikan di hampir semua negara. Namun disparitas gender masih terlihat, bahkan di negara maju sekali pun. Di Indonesia, angka partisipasi perempuan di berbagai sektor juga menunjukkan perkembangan positif, terutama dalam akses pendidikan. Pada pendidikan tinggi, ketidaksetaraan gender terlihat dari minimnya jumlah dosen perempuan pada jenjang jabatan akademik tertinggi, yakni guru besar.

04Oct2018
Lainnya

Buku "Pentingnya Pengetahuan Lokal" membahas tentang peran penting pengetahuan lokal dalam proses penyusunan kebijakan publik dan sekaligus peran pengetahuan lokal dalam proses kreasi bersama dengan jenis pengetahuan ilmiah dan profesional untuk menghasilkan pengetahuan yang relevan untuk pengambilan kebijakan. Buku ini menguraikan mekanisme, tantangan dan kesempatan yang dialami oleh organisasi lokal dalam mengeksplorasi apa yang dimaksud dengan proses dari pengetahuan menuju ke kebijakan, siapa saja yang terlibat dan bagaimana unsur masyarakat yang berbeda terlibat didalam prosesnya.

06Jul2017
Lainnya

Buku Putih Sains, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Menuju Indonesia 2045 adalah masukan kepada pemerintah untuk mendukung penyusunan Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) 2015-2019 dan periode selanjutnya sampai 2045 yang sedang difinalisasi oleh Kementerian Ristekdikti. KSI mendukung sepenuhnya penulisan dan penerbitan buku putih ini.

05Jul2017
Lainnya

Era Disrupsi: Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia yang disusun oleh Komisi Ilmu Sosial AIPI dengan dukungan the Knowledge Sector Intitiative (KSI) memberikan rekomendasi untuk menghadapi dampak perubahan ilmu pengetahuan pada pendidikan tinggi Indonesia.

12Jun2017
Lainnya

Risalah kebijakan ini mengupas tantangan dalam tata kelola sumber daya manusia di lingkungan pendidikan tinggi Indonesia dan mengetengahkan beberapa usulan rekomendasi dalam lima aspek berikut: rekrutmen dosen dan peneliti; jenjang karir dosen dan peneliti; penilaian kinerja; mobilitas dosen dan peneliti; implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kelima aspek ini dibahas dalam perspektif kebijakan dan praktik yang terjadi dalam institusi perguruan tinggi, baik negeri (PTN) maupun swasta (PTS)

27Apr2017
Lainnya

Video ini mengenai perantara pengetahuan yaitu, orang atau organisasi yang bekerja di batas antara pengetahuan dan kebijakan. Bila anda bisa tahu siapa mereka, apa peran yang mereka mainkan dalam memengaruhi kebijakan, dan bagaimana melibatkan mereka, anda bisa membangun kemitraan yang efektif, yang bisa melengkapi kemampuan yang anda miliki.

27Apr2017
Lainnya

Video ini melihat bagaimana nilai, minat, dan keyakinan yang berbeda memengaruhi hal yang dianggap sebagai pengetahuan relevan dan kredibel. Apabila anda memahami apa yang dianggap kredibel dan relevan oleh orang lain, anda bisa memilih untuk fokus pada aspek berbeda dari kegiatan anda sehingga bisa menarik perhatian mereka.

27Apr2017
Lainnya

Video ini akan membantu anda memahami bagaimana konteks politik yang lebih luas memengaruhi peggunaan pengetahuan dalam proses kebijakan. Video ini membantu anda mengeksplorasi kemauan politik dan bagaimana anda bisa membangun momentum perubahan.

27Apr2017
Lainnya

Video ini membahas perbedaan jenis pengetahuan yang digunakan dalam proses kebijakan. Video juga membicarakan tentang memahami narasi kebijakan yang dapat membantu anda mempertimbangkan bagaimana pengetahuan yang dihasilkan bisa memengaruhi kisah mengapa perubahan dibutuhkan.

27Apr2017
Lainnya

Video pertama memperkenalkan seri video dan cakupannya. Video ini mengajak anda berpikir tentang proses kebijakan dengan latihan singkat.

16Dec2015
Lainnya

LSM beroperasi dalam berbagai jaringan, mulai dari lokal, nasional sampai yang berskala internasional. Bentuk, sifat dan kekuatan masing-masing jaringan tersebut menentukan masa depan keberlanjutan sektor LSM di Indonesia

16Dec2015
Lainnya

Seperti sektor LSM secara global, LSM di Indonesia menghadapi tantangan yang semakin meningkat terutama terkait aspek pendanaan yang dapat mengancam keberlanjutan dan kemampuan organisasi mencapai tujuan perubahan sosial.