Diagnostic Studies
08Jun2017
Diagnostic Studies

Perguruan tinggi Indonesia umumnya tidak banyak menghasilkan penelitian atau publikasi berskala internasional yang diakui dunia. Hal ini tercermin dari jumlah artikel ilmiah internasional yang dikutip, yang bahkan berada di bawah Bangladesh, Kenya, dan Nigeria. .

Working Papers
05Jun2017
Working Papers

Makalah ini menggambarkan pengalaman Australia di bidang reformasi selama sepuluh tahun belakangan (setelah terpilihnya Kevin Rudd pada 2007 hingga saat ini) dengan menyoroti prasyarat tertentu untuk pembuatan kebijakan berbasis bukti yang efektif. Pembuatan kebijakan berdasarkan bukti yang dapat diandalkan sangat penting sehingga pemerintah bisa membuat keputusan berdasarkan informasi untuk memperbaiki standar hidup masyarakat atas dasar informasi terbaik yang tersedia.

Diagnostic Studies
31May2017
Diagnostic Studies

Kuantitas dan kualitas penelitian di kalangan dosen di Indonesia masih sangat rendah, termasuk di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Penelitian ini berupaya mengungkap hambatan penelitian di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Diagnostic Studies
10May2017
Diagnostic Studies

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan upaya penguatan riset dan inovasi di perguruan tinggi. Untuk itu FK UGM berupaya terlibat aktif dalam berbagai kajian dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat meningkatkan kapasitas riset dan inovasi. Salah satu kegiatan yang strategis adalah penyusunan kajian diagnostik kendala-kendala riset di UGM bekerja sama dengan Knowledge Sector Initiative (KSI).

Working Papers
04May2017
Working Papers

Produksi dan pembagian pengetahuan melalui berbagai kanal dan bentuk menjadi inti dari upaya jangka panjang Yayasan Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (YSHK) dalam kontribusinya untuk reformasi legislatif dan peradilan di Indonesia.

Infographic
13Apr2017
Infographic

Belanja untuk Pendidikan Tinggi dan Litbang

Infographic
13Apr2017
Infographic

Infografis ini menyajikan tren produk manufaktur (berteknologi menengah dan tinggi) yang berkontribusi pada pangsa pasar ekspor manufaktur Indonesia, serta membandingkannya terhadap negara-negara anggota G20. Rendahnya ekspor produk berteknologi menengah dan tinggi dikaitkan dengan rendahnya investasi pada sektor litbang dan sektor pengetahuan.

Working Papers
04Apr2017
Working Papers

Working Paper 19: Indonesia adalah negara terbesar di Asia Tenggara tapi hanya menempati peringkat ke-88 (dari 167 negara) pada Indeks Persepsi Korupsi 2015 Transparency International. Menurut laporan tersebut, reformasi anti-korupsi di Indonesia berjalan lambat, akibat belanja yang secara umum tidak efisien, dan penyalahgunaan dana publik baik di tingkat nasional dan daerah. Pemerintah berupaya mengatasi permasalahan ini namun upaya tersebut memerlukan adanya keterlibatan pelaku non-negara. Organisasi masyarakat sipil, seperti SEKNAS FITRA, telah turut serta dalam perjuangan ini sejak 1998. Organisasi advokasi ini telah berperan penting guna mendorong terwujudnya transparansi anggaran. Di bagian berikutnya, kami menguraikan bagaimana SEKNAS FITRA muncul dan membangun profil serta reputasinya.

Working Papers
03Apr2017
Working Papers

Working Paper 18: Naskah kerja ini menggambarkan tentang pengalaman SurveyMETER, sebuah institut penelitian kebijakan yang berbasis di Yogyakarta, dalam menguji penggunaan studi episode guna menguraikan pengaruh dari kebijakan dan proses keterlibatan kebijakan yang dipimpin oleh SurveyMETER. Episode studies adalah salah satu alat yang dapat membantu lembaga penelitian kebijakan dan wadah pemikir untuk mendokumentasikan pemanfaatan dari karya penelitian mereka dan/atau derajat di mana bukti-bukti yang mereka hasilkan telah memberikan informasi terhadap proses dan pelaku kebijakan.

Working Papers
11Jan2017
Working Papers

Lembaga think tank, lembaga riset kebijakan, dan departemen pemerintah meningkatkan permintaan terhadap repositori pengetahuan. Repositori pengetahuan akan memungkinkan staf di seluruh organisasi untuk berbagi dokumen dan menghubungkan mereka dengan gerakan Akses Terbuka global. Juga, memastikan agar penelitian yang didanai publik (dan peranti data mereka) tersedia secara terbuka, sehingga membangun basis pengetahuan bersama.

Tampilkan Lagi