Better Policies Better Lives TM
15May2019
Liputan Media

Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho bicara soal potensi revolusi industri 4.0 di #uTarapodcast. Akademisi dan peneliti ini juga percaya Indonesia sudah siap untuk menghadapi revolusi industri 4.0, bahkan nelayan dan petani pun bisa memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengingkatkan produktivitas. Yanuar bercerita banyak kepada Gita Putri, misalnya soal anak 13 tahun yang ia temui jualan sabun di instagram sampai dengan artificial intelligence yang mampu mendeteksi orang dengan kecenderungan ingin bunuh diri. Indonesia sudah siap, hanya saja kita jangan hanya jadi penikmat tapi juga pembuat ujar Yanuar. Kira-kira apa lagi obrolan lainnya? Dengarkan #uTarapodcast episode kedua dari Tempo Institute.

13May2019
Liputan Media

Dalam daftar peringkat universitas terbaik dunia 2019 yang dikeluarkan Times Higher Education, tidak ada satupun universitas di Indonesia yang menembus posisi 500 besar. Selain itu, hanya Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung yang masuk dalam daftar 1.000 besar universitas dengan riset berkualitas. Kenapa hal itu bisa terjadi?

13May2019
Liputan Media

Di #uTarapodcast episode 1, Berry Juliandi, Sekjen Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) berbincang bersama pembawa acara Gita Putri Damayana soal #riset, khususnya kebijakan pemerintah yang tak selalu berpijak pada hasil riset atau data. Peneliti neuro-science dari IPB ini juga berbicara soal pandangannya terhadap kelembagaan riset di Indonesia. Menurut Berry bukan lembaga baru atau dana tambahan yang paling dibutuhkan ilmuwan. Lalu apa? yuk! dengarkan #uTarapodcast episode pertama dari Tempo Institute.

13May2019
Liputan Media

Kenapa kualitas penelitian dan perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia belum sekelas dunia? Sejarawan Andrew Goss dalam bukunya "Floracrats: State-Sponsored Science and the Failure of Enlightenment in Indonesia" bahwa semua ini berakar pada kooptasi pemerintah kolonial dalam proses perkembangan ilmu botani dan sejarah alam pada saat itu.

10May2019
Liputan Media

Belakangan, publik dikejutkan (lagi) oleh kasus kekerasan seksual di lingkungan kampus. Ini bukan kasus pertama. Kasus-kasus terdahulu kerap terkubur oleh waktu atau diselesaikan lewat jalan belakang sehingga tak terendus publik.

10May2019
Liputan Media

ALMI menilai, Litbang di setiap kementerian itu sudah ada, tapi yang belum dilakukan adalah memaksimalkan fungsi dan tata kelolanya.

29Apr2019
Liputan Media

Supaya tetap kompetitif dalam ekonomi global yang berbasis pengetahuan, Indonesia harus terus berinvestasi pada penelitian, serta mengatasi sejumlah hambatan yang menyurutkan kualitas penelitian. Penelitian dan pengembangan (litbang) berkontribusi pada inovasi dan ketersediaan sumber daya manusia yang dibutuhkan suatu negara agar tanggap terhadap perubahan dan kebutuhan pasar. Tanpa tenaga kerja yang terampil, Indonesia mungkin tidak dapat menghindari middle-income trap dan tidak memperoleh manfaat dari revolusi industri keempat.

29Apr2019
Liputan Media

Karena kicauan CEO bukalapak tentang dana pemerintah untuk research and development (R&D) atau penelitian dan pengembangan (litbang) (Kompas, 15/2/18), perhatian publik lantas tertuju pada topik riset. Akan tetapi, tanpa pendalaman, apa yang segera diperhatikan, juga akan segera mudah dilupakan.

08Dec2016
Liputan Media

Pengalihan lahan ini menguntungkan dari sisi ekonomi dan pembangunan. Tetapi jika mengunakan analisis gender, justru sangat merugikan perempuan," kata Lies di Jakarta, Kamis (8/12).

08Dec2016
Liputan Media

Demikian dikatakan Siti Maimunah, peneliti senior Sajogyo Institute di sela Diskusi KSI Knowledge Sharing : Perspektif Gender dan Inklusi Sosial dalam Riset untuk Pembangunan, di Jakarta belum lama ini.

08Dec2016
Liputan Media

"Tidak banyak orang yang punya perspektif gender dan melibatkannya dalam ranah pelibatan publik," kata Staf Gender Indonesia Infrastructure Initistive (Indll), Eko Setyo Utomo, di Jakarta, Kamis (8/12).

08Dec2016
Liputan Media

"Selama ini, kita lihat di jalan yang rusak, ditanami pohon pisang. Hal itu terjadi karena masyarakat tidak dilibatkan dalam pembangunan itu sendiri," ujar Staf Gender Indonesia Infrastructure Initistive (IndII), Eko Setyo Utomo, dalam acara KSI Knowledge Sharing di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

07Dec2016
Liputan Media

Banyaknya kasus yang merugikan wanita, mulai dari kekerasan dan diskriminasi, membuat perbincangan isu kesetaraan jender menghangat.

07Dec2016
Liputan Media

"Selama ini, kita lihat di jalan yang rusak, ditanami pohon pisang. Hal itu terjadi karena masyarakat tidak dilibatkan dalam pembangunan itu sendiri," ujar Staf Gender Indonesia Infrastructure Initistive (IndII), Eko Setyo Utomo, dalam acara KSI Knowledge Sharing di Jakarta, Rabu.