Better Policies Better Lives TM
Doing Research: Mengevaluasi Sistem Penelitian Ilmu Sosial di Indonesia
  • Perihal
  • Pembicara :
    Dr Inaya rakhmani, Assistant Professor, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Indonesia
  • Jadwal :
    24 September 2019
    16.00 to 18.00
    Executive Lounge, 24th Floor, National Library Jl. Merdeka Selatan No. 11, Jakarta Pusatttt
    Lihat di Peta
Ksixchange18-09-2019

KSIxChange #13

Mari bergabung dalam serial diskusi informal mengenai berbagai topik di sektor pengetahuan Indonesia.

Doing Research: Mengevaluasi Sistem Penelitian Ilmu Sosial di Indonesia

 

Penelitian terbaru terhadap organisasi dari produksi penelitian di Asia telah menunjukkan adanya efek marketisasi pada kualitas pekerjaan akademik. Pada studi kasus Indonesia, hal ini memberikan gambaran kompleks tentang efek tersebut dalam konteks pasca-otoriter. Sejak tahun 2010, Pemerintah Indonesia telah meningkatkan pendanaan serta menanamkan upaya reformasi untuk membuka Lembaga Pendidikan Tinggi kepada pasar siswa regional sehingga mendorong pembentukannya menjadi lembaga dengan pendanaan mandiri. Namun, karena sistem penelitian ilmu sosial yang ada sebelumnya justru dirancang untuk birokrasi, kebijakan reformasi tersebut menjadi tidak merata. Selain itu, aktor-aktor lain dalam produksi penelitian, yakni lembaga donor, masyarakat sipil dan industri, juga kurang dapat berkontribusi pada produksi penelitian ilmu sosial.

Tantangan-tantangan tersebut akan dibahas dalam diskusi yang berasal dari penelitian yang telah dilaksanakan oleh Universitas Indonesia/Center for Innovation Policy and Governance (UI/CIPG) dengan Global Development Network (GDN). Didukung dan dipandu oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Muda Indonesia (ALMI), kegiatan ini akan berlangsung sebagai bagian dari acara International Network for Government Science (INGSA) di Jakarta, 23-24 September 2019. Diskusi ini turut memperkaya temuan yang akan memaparkan kendala struktural, analisis kekuatan dan kelemahan terkait dengan sistem penelitian ilmu sosial di Indonesia, yang akan digunakan untuk membuat rencana strategis dalam mengembangkan kapasitas dan kebijakan dalam kaitannya dengan penelitian.

Tentang KSIxChange

Knowledge Sector Initiative (KSI) mengadakan diskusi rutin yang dipimpin oleh para pembicara terkemuka tentang topik yang berkaitan dengan pembuatan kebijakan berbasis bukti di Indonesia. Setiap sesi akan terdiri dari presentasi singkat dan diikuti dengan sesi tanya jawab interaktif. KSIxChange terbuka untuk umum dan tidak berbayar. Tempat terbatas dan registrasi akan ditutup pada sehari sebelum pelaksanaan kegiatan.

Registrasi disini



Materials
Topik :
Ksixchange Lainnya

Bagaimana kesiapan anak muda-terutama peneliti muda-meneruskan…

Dewasa ini, menggapai sains sama pentingnya dengan…

Kerja sama Katadata dan KSI dan didukung oleh Fakultas…

“Rentannya Produksi Pengetahuan di Indonesia”…

Menghubungan Agenda Riset dengan Perkembangan Kebudayaan

Improving the impact of your research on policy: Suggestions,…