Kumpulan Rekomendasi Kebijakan: Penanganan Krisis Multidimensi Pandemi COVID-19

Dokumen ini adalah sintesis pengetahuan yang dirangkum dari pusat informasi dan studi yang dilakukan oleh KSI, lembaga penelitian kebijakan, mitra internasional KSI, dan mitra strategis KSI tentang masalah lintas sektor terkait dengan COVID-19. Sintesis pengetahuan ini dikurasi dan dirangkum oleh Think Policy.

Kumpulan Rekomendasi Kebijakan: Penanganan Krisis Multidimensi Pandemi COVID-19

(Only in Bahasa Indonesia)

 

Knowledge Sector Initiative mendukung Think Policy menyusun kumpulan rekomendasi kebijakan berdasarkan analisis yang sudah ada dari berbagai lembaga penelitian kebijakan publik di Indonesia untuk membantu pemerintah mengidentifikasi kendala-kendala utama dalam penanganan COVID-19, serta memberikan masukan rekomendasi kebijakan publik dalam rangka mengatasi COVID-19 sebagai krisis kesehatan, ekonomi dan sosial budaya. 

Kajian ini terbagi menjadi empat: Bagian 1 mencakup aspek kesehatan yang terkait dengan kapasitas pelayanan, ketahanan kesehatan, intervensi promotif dan preventif, serta tata kelola dan manajemen pengetahuan; Bagian 2 terkait aspek ekonomi tentang analisis makroekonomi dan dampak pandemi COVID-19, ketenagakerjaan dan kemiskinan, serta prospek ekonomi digital dikaitkan dengan penyelamatan UMKM. 

Adapun Bagian 3 fokus pada penguatan sistem pendidikan dan kurikulum satuan pendidikan dalam kondisi khusus pandemi COVID-19. Terakhir, Bagian 4 mencakup aspek sosial budaya termasuk perkembangan isu agama, pemberdayaan masyarakat, serta gender dan anak selama pandemi COVID-19. 

  • Share: