Potensi Pendanaan Riset Berorientasi Kebijakan di Sektor Swasta

Bersama dengan Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG), melihat potensi sektor swasta dalam mendukung praktik penyusunan kebijakan berbasis bukti di Indonesia melalui kegiatan riset kebijakan.

Potensi Pendanaan Riset Berorientasi Kebijakan di Sektor Swasta

(Only available in Bahasa Indonesia)

Perencanaan pembangunan dan kebijakan publik merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan mengingat pentingnya peran kebijakan sebagai faktor pendorong terciptanya iklim kondusif bagi pembangunan nasional. Namun, peningkatan kualitas kebijakan publik di Indonesia tidak akan tercapai apabila tidak didukung oleh proses pembuatan kebijakan yang berkualitas dan berbasis bukti (evidence-based policymaking) serta partisipasi publik untuk menghasilkan kebijakan yang lebih baik.

Terkait dengan peran sektor swasta dalam produksi pengetahuan, hingga saat ini belum banyak kajian yang membedah secara mendalam potensi sektor swasta dalam mendukung praktik penyusunan kebijakan berbasis bukti di Indonesia melalui kegiatan riset kebijakan. Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat sejauh mana potensi kerja sama dan dukungan pendanaan riset yang ada di sektor swasta, khususnya dalam produksi pengetahuan perumusan kebijakan di Indonesia.

  • Share: