Better Policies Better Lives TM

KSI PARTNERS

{page_content}

KSI PARTNERS


aipi-annual-assembly3.jpg
http://www.aipi.or.id
  AIPI - Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia

AIPI adalah sebuah lembaga independen yang menyatukan para ilmuwan terkemuka di Indonesia dalam memberikan saran yang obyektif dan independen bagi bangsa terutama hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan ilmu pengetahuan.


akatiga.jpg
http://www.akatiga.org
  AKATIGA Pusat Analisis Sosial

AKATIGA adalah lembaga penelitian di Bandung. Berdiri pada tahun 1991, AKATIGA menyelenggarakan penelitian tentang isu sosial untuk penanggulangan kemiskinan pada kelompok marjinal di Indonesia.

Penelitian AKATIGA berfokus pada empat tema - reformasi agraria, buruh, usaha mikro, dan tata kelola pemerintahan. Topik penelitian terkini meliputi isu ketahanan dan perubahan pedesaan, kesempatan kerja, evaluasi program-program kemiskinan (termasuk PNPM) dan pemberdayaan, dukungan pengembangan usaha kecil melalui pengembangan pasar, dan dukungan terhadap reformasi pemerintahan lokal.


artikel33.jpg
http://www.article33.or.id
  Article 33 Indonesia

Merupakan lembaga advokasi kebijakan berbasis penelitian didirikan pada tahun 2009 fokus pada kebijakan sosial, industry ekstraktif, dan perubahan iklim. Berbasis di Jakarta, penelitian dan kegiatan-kegiatan Article 33 berkaitan dengan pemerintahan, pertanggungjawaban dan transparansi pada kebijakan social (terutama pada isu pendidikan dan kesehatan), dan juga untuk sektor industri ekstraktif, perubahan cuaca dan kehutanan.


bigs.jpg
  Bandung Institute of Governance Studies (BIGS) Ban

Mendorong adanya dukungan kebijakan terhadap pengembangan pengetahuan lokal mengenai konservasi hutan di gunung Ungaran Jawa Tengah.


csis.jpg
http://www.csis.or.id
  CSIS - Centre for Strategic and International Stud

Berdiri sejak 1971, CSIS adalah think tank dengan fokus studi yang berorientasi pada kebijakan baik menyangkut isu domestik dan internasional. CSIS juga aktif dalam advokasi dan pendidikan publik. CSIS melakukan riset dibidang ekonomi, politik dan perubahan sosial, serta hubungan internasional dan memiliki program publikasi yang aktif meliputi berbagai topik. Ragam publikasi termasuk buku, monograf, dan jurnal.

Hasil riset CSIS didukung dengan jaringan yang kuat bersama dengan sektor riset, akademia, dan organisasi lainnya termasuk ANU (Australia), Council on FR (New York), JIIA (Japan), Lowy Institute (Australia), SWP (Germany), CPIFA (China), CSIS (DC), DCAF Geneva. CSIS juga sebagai sekretariat untuk ASEAN-ISIS, sebuah konsorsium untuk 10 lembaga think-tank terdepan di Asia Tenggara.


elsam.jpg
http://www.elsam.or.id
  ELSAM - The Institute for Policy Research and Advo

Adalah organisasi advokasi kebijakan di Jakarta yang didirikan pada tahun 1993 oleh sekelompok pembela hak asasi manusia dan pengacara publik. ELSAM mengkaji dampak usulan kebijakan dan hukum dan kebijakan yang berlaku terhadap hak asasi manusia.

ELSAM juga melakukan berbagai kegiatan advokasi, investigasi dan pelaporan hak asasi, pendidikan dan pelatihan tentang hak asasi manusia dan diseminasi informasi mengenai isu-isu ham seperti HAM dan korporasi, Kebebasan berekspresi, dan isu aktual HAM lainnya. Salah satu di antara publikasi ELSAM adalah laporan tahunan mengenai situasi hak asasi manusia di Indonesia.


ire.jpg
http://www.ireyogya.org
  IRE - Institute for Research and Empowerment

Adalah sebuah lembaga independen dan non partisan berbasis pada komunitas akademik yang berdiri di Yogyakarta pada tahun 1994. Fokus kegiatan IRE adalah memperluas dan memperdalam demokrasi melalui penguatan gagasan dan sikap kritis elemen masyarakat sipil, dan sektor swasta.

Topik penelitian IRE terkini dikembangkan melalui tiga klaster, yaitu; deepening democracy, governance and policy reform, serta community development and empowerment, dengan memperkuat isu lintas klaster yang meliputi poverty aleviation dan village reform.


kemenkopmk.jpg
http://www.kemenkopmk.go.id
  Kemenko PMK - Kementerian Koordinator bidang Pemba

-


ksi.jpg
http://www.ksi-indonesia.org
  Knowledge Center

KSI mendukung pengembangan sebuah Pusat Pengetahuan dibawah Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), yang menjadi bagian dari komitmen Indonesia untuk agenda global dalam berbagi pengetahuan sebagai alat kerjasama pembangunan internasional yang efektif.

Proses yang menghasilkan, mengkomunikasikan dan menggunakan praktik cerdas pembangunan di Indonesia akan direkam dan didokumentasikan sebagai model pembelajaran dan kerangka menuju pembentukan Pusat Pengetahuan. KSI memberikan dukungan teknis terkait implementasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan Pusat Pengetahuan ini, dengan fokus implementasi kegiatan utama untuk replikasi praktik cerdas. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pengetahuan yang dikumpulkan dalam proses pengembangan Pusat Pengetahuan akan dapat digunakan untuk menjadi masukan perencanaan dan perumusan kebijakan Bappenas.

Bappenas berharap bahwa pada akhir 2019, Pusat Pengetahuan Bappenas dapat menjadi repositori pengetahuan dan penghubung terkait pengalaman pembangunan Indonesia. Pusat Pengetahuan ini juga diharapkan dapat merekam, memvalidasi dan berbagi solusi permasalah pembagunan yang sudah dibuktikan untuk adaptasi dan replikasi pada tingkat nasional dan internasional.


kppod.jpg
http://www.kppod.org
  KPPOD - Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daer

Berdiri pada 2001, KPPOD adalah organisasi riset di Jakarta yang memantau kebijakan pemerintah pusat dan daerah serta pelaksanaan otonomi daerah untuk pengembangan desentralisasi ekonomi.

Beberapa laporan penelitian terkini termasuk mengenai kerjasama perdagangan antar daerah; tata kelola pemerintahan dan perkembangan kinerja daerah; dampak peraturan daerah terhadap aktivitas bisnis--studi kasus perikanan; dan kualitas infrastruktur, belanja pemda, dan korupsi.



  Lembaga Advokasi HIV AIDS (LAHA) Kendari, Sulawesi

Menumbuhkan model asuransi komunitas menggunakan Pengetahuan lokal Melesi'.



  Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3)

Revitalisasi kebudayaan sungai dalam rangka mendorong adaptasi perubahan iklim melalui advokasi kebijakan dan pembangunan kota.


cphm.jpg
http://chpm.fk.ugm.ac.id/index.php/en/
  PKMK - Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan UGM

Berdiri pada tahun 1998, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) adalah sebuah pusat penelitian dan konsultasi di bawah struktur Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

PKMK menjalankan penelitian, konsultasi, jejaring, advokasi dan diseminasi, serta pelatihan berdasar pada empat pilar utama yaitu penyediaan pelayanan, regulasi, pembiayaan kesehatan, dan pengembangan sumber daya manusia.

Kerangka kerja ini diterapkan dalam menjalankan kegiatan institusi pemerintah maupun swasta penyedia layanan, organisasi/pemerintahan birokrasi, membangun kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dan organisasi internasional, dan mengorganisir seminar, pelatihan, penelitian & sosialisasi dan lokakarya dalam manajemen pelayanan kesehatan.



  Politics Government Research Centre Jurusan Politik dan Pemerintahan, Universitas Gadjah Mada (POLGOV UGM) Yogyakarta

Penguatan simpul pengetahuan lokal bagi tata kelola sumberdaya.



  Poros Photo Yogyakarta

Mengadakan studi Etnografi Visual untuk rekomendasi kebijakan peningkatan kesejahteraan nelayan tradisional di Lamalera.



http://www.ppim.or.id
  PPIM Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat, UIN

Adalah lembaga penelitian di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah di Jakarta. Berdiri pada tahun 1995, PPIM mendukung para akademisi dari berbagai disiplin ilmu untuk mengkaji keunikan Islam, masyarakat dan pendidikan Islam di Indonesia. PPIM menerbitkan jurnal yang dikenal luas, yaitu Studia Islamika.


praxis.jpg
http://www.praxis.or.id
  PRAXIS

PRAXIS


pshk.jpg
http://www.pshk.or.id
  PSHK Pusat Studi Hukum dan Kebijakan

Adalah organisasi yang bekerja di bidang penelitian dan advokasi hukum. Berdiri sejak 1998, PSHK mendorong pembentukan hukum yang bertanggung jawab sosial di Indonesia dalam dua bidang kerja utama, yaitu reformasi parlemen dan reformasi peradilan.

Dalam reformasi parlemen, PSHK setiap tahunnya menerbitkan laporan tentang kinerja legislasi parlemen termasuk mengembangkan manual untuk pelatihan perancangan peraturan perundang-undangan yang digunakan dalam berbagai pelatihan di tingkat daerah maupun nasional.

PSHK memiliki sejumlah pengalaman penting terkait reformasi peradilan, antara lain dukungan asistensi kepada Mahkamah Agung dalam pembuatan Cetak Biru Reformasi Mahkamah Agung, dan lainnya. PSHK selalu mengembangkan inovasi baru dalam reformasi hukum. PSHK turut mendirikan Hukumonline.com (wwww.hukumonline.com), menerbitkan jurnal hukum JENTERA, mengelola perpustakaan hukum Daniel S. Lev (www.danlevlibrary.net), dan mendirikan Indonesia Jentera School of Law (www.indonesiajentera.org).


pusad.jpg
http://www.paramadina-pusad.or.id/en/
  PUSAD Paramadina Pusat Studi Agama dan Demokrasi, Universitas Paramadina

Adalah lembaga otonom di bawah Yayasan Wakaf Paramadina yang melakukan riset dan advokasi dalam bidang sosial, politik dan keagamaan. PUSAD Paramadina mempunyai visi "menuju Indonesia yang lebih demokratis, damai dan berkeadilan." Untuk mencapai visi tersebut, PUSAD Paramadina mempunyai misi "mendorong peningkatan mutu demokrasi Indonesia ke arah yang lebih berkeadilan, damai dan menghargai keragaman."

Di antara hasil riset PUSAD Paramadina yang sudah diterbitkan adalah "Disengagement of Jihadist in Poso, Indonesia", "Disputed Churches in Jakarta" dan "Pattern of Religious Conflict in Indonesia". Kini PUSAD Paramadina sedang menyelesaikan riset "Policing Religious Protests in Indonesia." PUSAD juga menyelenggarakan pendidikan publik antara lain lewat acara tahunan Nurcholish Madjid Memorial Lecture (NMML) dan Sayembara Ahmad Wahid (Ahmad Wahib Award).



  Pusat Kajian Antropologi, Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia (PUSKA FISIP UI) Depok, Jawa Barat

Meningkatkan pengetahuan tradisional dan pengetahuan empiris terbaru para petani agar dapat menanggapi perubahan iklim dengan lebih baik melalui pembelajaran agrometeorologi.



  Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) Aceh

Revitalisasi nilai-nilai lokal dan peran lembaga adat Keujruen Blang di Kabupaten Aceh Besar.


pusat-penelitian-hiv-aids-atma-jaya.jpg
http://www.arc-atmajaya.org
  Pusat Penelitian HIV AIDS, Atma Jaya

Pusat Penelitian HIV AIDS adalah sebuah pusat penelitian di Universitas Atma Jaya, Jakarta yang berdiri pada 1997 dan lembaga terdepan dalam penelitian HIV dan AIDS di Indonesia.

Beberapa proyek penelitian terkini di antaranya adalah penyembuhan dan pemulihan ketergantungan narkoba serta pencegahan HIV yang terintegrasi; penelitian terhadap pekerja seks komersil dan kekerasan - memahami faktor untuk keamanan dan perlindungan; dan sub-populasi dengan prevalensi HIV yang tinggi.


pattiro.jpg
http://www.pattiro.org
  Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO) Jakarta

Mendorong adaptasi pengetahuan lokal "Sasi" bagi kebijakan terkait pengelolaan sumberdaya kemaritiman.


puskapol.jpg
http://www.puskapol.ui.ac.id
  Puskapol UI Centre for Political Studies, University of Indonesia

Adalah lembaga penelitian berbasis universitas yang bernaung di bawah Departemen Ilmu Politik, Universitas Indonesia. Didirikan tahun 1995 - awalnya bernama Laboratorium Ilmu Politik (LIP) - bertujuan mengembangkan riset politik dengan muatan advokasi. Visi Puskapol UI adalah untuk mempromosikan tata kelola politik yang demokratis, adil dan setara.

Hingga sekarang ada dua klaster riset Puskapol UI: desentralisasi dan representasi politik. Publikasi hasil riset dan pelatihan yang dilakukan Puskapol UI terdiri dari berbagai tema, diantaranya: keterwakilan politik perempuan, telaah kritis tentang representasi politik, penguatan kapasitas caleg perempuan, transaksi politik dalam pemilu, indeks demokrasi Asia, politik upah buruh di Jabotabek, dst.


sajogyo-institute.jpg
http://www.sajogyo-institute.or.id
  Sajogyo Institute

Didirikan di Bogor pada tahun 2005 sebagai suatu lembaga studi agraria Indonesia dan kebijakan untuk pedesaan. Sajogyo Institute merupakan lembaga riset yang menjadi bagian dari gerakan sosial, dan menyediakan dukungan bagi gerakan sosial untuk mendorong dan mewujudkan perubahan-perubahan agraria yang berpihak pada masyarakat miskin pedesaan, masyarakat adat dan masyarakat marginal lainnya termasuk perempuan dan laki-laki.

Sajogyo Insitute memproduksi dan menyediakan layanan pengetahuan agraria melalui riset, pelatihan dan intervensi kebijakan. Untuk itu, Sajogyo Institute membangun dan menjalin kerjasama dengan organisasi-organisasi gerakan sosial serta menjadi bagian dari komunitas epistemik nasional dan internasional.


seknasfitra.jpg
http://www.seknasfitra.org
  Seknas Fitra National Secretariat of the Indonesian Forum for Budget Transparency

Adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) advokasi yang berdiri pada 1999, yang berperan sebagai lembaga pengawas (watchdog) yang berfokus pada belanja negara dan anggaran belanja di tingkat nasional dan lokal.

Seknas Fitra bertujuan untuk meningkatkan transparansi dalam proses anggaran dan keterlibatan masyarakat. Kegiatan yang berjalan meliputi analisa anggaran negara, meningkatkan kesadaran publik terhadap akuntabilitas anggaran, advokasi transparansi anggaran, dan reformasi hukum utnuk membuat peraturan keuangan menjadi lebih transparan, akuntabel dan partisipatif. Publikasi terkini meliputi Index Keterbukaan Informasi Budget di tingkat Kementrian dan Survey tentang Keterbukaan Budget di Indonesia tahun 2012.


smeru.jpg
http://www.smeru.or.id
  SMERU RESEARCH INSTITUTE

Adalah sebuah lembaga penelitian kebijakan publik di Jakarta yang berfokus pada masalah kemiskinan dan isu-isu sosial ekonomi lainnya di Indonesia. Pada awalnya SMERU didirikan pada Oktober 1998 oleh Australian Aid dan World Bank sebagai sebuah unit pemantauan krisis, yang kemudian menjadi sebuah lembaga independen pada Januari 2001.

Lingkup studi SMERU meliputi isu-isu kemiskinan, perlindungan sosial, kesehatan, pendidikan, ketahanan pangan, dan kesejahteraan anak. Situs SMERU berfungsi sebagai pusat informasi, termasuk pangkalan data yang komprehensif tentang organisasi non-pemerintah (ornop) di Indonesia.


survey-meter.jpg
http://www.surveymeter.org
  SurveyMETER

Adalah sebuah lembaga penelitian non-pemerintah yang didirikan pada bulan Februari 2002 dengan kantor utama terletak di Yogyakarta, Indonesia. SurveyMETER dikenal luas dalam pelaksanakan survei berskala besar yang menghasilkan data berkualitas tinggi dan digunakan oleh pengambil kebijakan, institusi pemerintah, lembaga donor, akademisi, maupun mitra lainnya.

SurveyMETER telah lama membantu peneliti-peneliti dalam lingkup nasional dan internasional untuk merancang, merencanakan dan melakukan pengumpulan data kuantitatif maupun kualitatif dengan kualitas yang tinggi; khususnya di bidang sosial, ekonomi, dan kesehatan.

Hasil dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan diharapkan memberikan kontribusi tidak hanya dalam hal perbaikan kebijakan sosial, ekonomi dan kesehatan tetapi diharapkan mampu memberikan sumbangan dalam membangun serta memajukan kualitas penelitian di Indonesia


tempo-institute.jpg
http://www.tempo-institute.org
  Tempo Institute

-



  Yayasan Kemaslahatan Ummat (YKU) Aceh

Mengadakan studi mengenai peran Sistem Mawah sebagai mekanisme keuangan tradisional dalam mendukung mata pencaharian masyarakat yang rentan di Aceh.



  Yayasan Pikul Kupang, Nusa Tenggara Timur

Membedah prasyarat sukses pengelolaan sumber daya air berbasis komunitas.