Better Policies Better Lives TM
15Apr2019
Lainnya

Ada sebagian masyarakat yang membutuhkan pertimbangan tambahan untuk mendapatkan pengalaman yang sama dengan yang lainnya. Praktik umum ketika menyiapkan acara atau bahan komunikasi adalah untuk melayani masyarakat umum, tidak menyadari kebutuhan kaum minoritas. Menyadari tren ini, penting untuk mulai menentukan faktor-faktor yang memastikan inklusivitas bagi setiap peserta dan hadirin.

11Apr2019
Lainnya

Konsep GESI merupakan seperangkat alat analisis untuk menelaah dampak relasi laki-laki dan perempuan serta relasi antarentitas di dalam masyarakat pada capaian pembangunan. Secara kritis penggunaan konsep GESI memosisikan relasi kuasa gender sebagai alat teropong atas hasil penelitian di perguruan tinggi yang menerima hibah riset dari Kemenristekdikti.

05Apr2019
Berita Terkini

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan kajian akademis terhadap sasaran peta jalan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kajian yang didukung oleh Knowledge Sector Initiative (KSI) ini menunjukkan capaian delapan target kebijakan yang tertuang dalam Peta Jalan Menuju JKN 2014-2019.

02Apr2019
Berita Mitra

Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) menilai ancaman sanksi pidana yang tercantum dalam Rancangan Undang-Undang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau RUU Sisnas Iptek harus dihapus. Sanksi pidana semacam itu dinilai kontraproduktif dengan upaya Indonesia untuk mendorong kolaborasi riset internasional.

02Apr2019
Berita Terkini

Sebagai rangkaian pelaksanaan Indonesia Development Forum (IDF) 2019, Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan kegiatan Road to IDF 2019 yang bertujuan untuk menjaring ide dan gagasan terkait tantangan pembangunan Indonesia, utamanya dalam kerangka tema IDF 2019 “Mission Possible: Memanfaatkan Peluang dalam Pekerjaan Masa Depan untuk Mendorong Pertumbuhan Inklusif.”

21Mar2019
Berita Terkini

Cakra Wikara Indonesia (CWI), sebuah lembaga riset politik dan kebijakan publik dengan perspektif gender, mengeluarkan hasil survei mengenai ketimpangan distribusi jabatan tinggi antara Pegawai Negeri Sipil (PNS) perempuan dan laki-laki pada birokrasi di 34 Kementerian. Hasilnya mengungkapkan bahwa rekrutmen PNS laki-laki dan perempuan memiliki proporsi yang berimbang, namun terdapat ketimpangan yang signifikan dalam perjalanan karier mereka.

06Mar2019
Berita Terkini

Berbeda dengan berbagai negara tetangga dan berbagai negara demokrasi Barat, pengumpulan dan penggunaan data warga sebagian besar tetap tidak diatur di Indonesia. Kelompok-kelompok masyarakat sipil mendesak agar Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi disahkan, tetapi ini tidak akan berlaku sebelum pemilihan legislatif dan presiden bulan April, dimana kandidat dan partai politik diharapkan menggunakan data besar untuk lebih efektif menargetkan kampanye mereka.

06Mar2019
Berita Terkini

Pengelolaan pendanaan penelitian sudah bukan lagi menjadi ranah akademisi ataupun birokrasi. Seluruh tahapan dalam proses penyaluran dana penelitian mulai dari aplikasi, pelaporan hingga audit perlu dikelola secara profesional oleh lembaga independen khusus supaya penelitian yang didanai benar-benar memiliki manfaat.

11Feb2019
Berita Terkini

Kementerian Perencanaan Pembangunan/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) meluncurkan Indonesia Development Forum 2019 pada Selasa, 29 Januari 2019. Konferensi internasional yang akan digelar 22-23 Juli 2019 ini merupakan kali ketiga yang diadakan oleh Bappenas dan didukung Pemerintah Australia melalui Knowledge Sector Initiative (KSI).

11Feb2019
Berita Terkini

Hasil penelitian yang baik dapat menghasilkan kebijakan publik sesuai kebutuhan. Kebijakan inklusif yang diharapkan para pemangku kepentingan bisa diambil dari praktik baik dan penelitian yang melibatkan kelompok disabilitas. Pelibatan ini bukan menjadikan penyandang disabilitas sebagai objek penelitian melainkan kelompok yang ikut menginisiasi dan merumuskan kebijakan.

22Jan2019
Berita Terkini

New Mandala, situs kajian sosial-politik di kawasan ASEAN, mengumumkan enam penerima program beasiswa fellowship untuk meningkatkan kemampuan menulis bagi para peneliti dan analis kebijakan Indonesia. Para peserta program itu nantinya diharapkan mampu berkontribusi menyumbang gagasan dan pikiran terkait isu-isu kebijakan utama menjelang dan selama hajatan politik, yaitu Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

18Jan2019
Berita Terkini

Dukungan penguatan penelitian dan pengembangan menjadi kebutuhan dalam upaya meningkatkan kualitas kebijakan. Sejalan tujuan itu, Pemerintah Provinsi Aceh melakukan revitalisasi fungsi perencanaan dan litbang berdasarkan kajian bukti empiris untuk mengoptimalkan pembangunan di sisa sepuluh tahun terakhir era otonomi khusus.

03Jan2019
Infographic

Tahun 2018 menjadi saksi sejumlah perkembangan penting dalam sektor pengetahuan di Indonesia. Pelbagai perkembangan tersebut merupakan hasil kegiatan dan kepemimpinan berkesinambungan para mitra Knowledge Sector Initiative (KSI) sebagai aktor di sektor pengetahuan Indonesia.

11Dec2018
Berita Terkini

Rencana kebijakan publik berbasis bukti menjadi tuntutan serta tantangan tersendiri bagi para pembuat kebijakan. Kemitraan multi sektor diperlukan yang menghubungkan dunia industri, lembaga penelitian/perguruan tinggi dan pemerintah untuk menghasilkan kebijakan publik yang berkualitas. Karena itulah, diperlukan analis kebijkan yang dapat merangkul dan membuka peluang mulai dari lembaga riset kebijakan hingga dunia industri.

03Dec2018
Berita Terkini

Indonesia Development Forum (IDF) adalah sebuah platform untuk dialog nasional mengenai pembangunan. Diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, IDF mempertemukan para pemimpin dari pemerintahan, masyarakat sipil, akademisi, dan sektor swasta untuk membahas solusi bagi tantangan utama pembangunan di Indonesia. Diselenggarakan pada tanggal 10-11 juli 2018, IDF kedua ini mengambil tema ‘Terobosan Untuk Mengatasi Ketimpangan Antarwilayah di Seluruh Nusantara“.

26Nov2018
Lainnya

Angka partisipasi perempuan di berbagai sektor menunjukkan kenaikan yang signifikan di hampir semua negara. Namun disparitas gender masih terlihat, bahkan di negara maju sekali pun. Di Indonesia, angka partisipasi perempuan di berbagai sektor juga menunjukkan perkembangan positif, terutama dalam akses pendidikan. Pada pendidikan tinggi, ketidaksetaraan gender terlihat dari minimnya jumlah dosen perempuan pada jenjang jabatan akademik tertinggi, yakni guru besar.

16Nov2018
Berita Terkini

Lahirnya Peraturan Presiden Nomor 16/2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa menghadirkan dimensi baru dalam pembangunan yang lebih inklusif dan partisipatif. Aturan baru itu menjadi “pintu masuk” model sinergi baru antara pemerintah dan organisasi kemasyarakatan dalam penguatan kualitas layanan publik di garis terdepan.