Better Policies Better Lives TM
08Oct2018
Berita Terkini

Peraturan Presiden No 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa membawa angin segar bagi organisasi kemasyarakatan yang fokus pada peningkatan kualitas layanan untuk masyarakat. Peraturan ini tak hanya memberikan akses pendanaan untuk ormas tetapi juga mendorong perbaikan organisasi agar lebih terstruktur dan akuntable.

12Sep2018
Berita Terkini

Forum Riset & Bisnis, pertemuan yang bertujuan mendorong perkembangan ekosistem sektor pengetahuan di Indonesia melalui kemitraan antara sektor swasta (perusaan dan filantropi) dengan lembaga penelitian, kembali digelar di Jakarta, 29 Agustus 2018 lalu. Forum Riset & Bisnis Edisi ke-4 yang digelar Corporate-Community Partnership for Health Indonesia (CCPHI) bekerjasama dengan Knowledge Sector Initiative (KSI) ini mengambil tema “Peran Lembaga Penelitian dan Dunia Industri dalam Mendorong Kebijakan Berbasis Bukti”.

10Sep2018
Berita Terkini

Artikel ini ditulis untuk The Conversation oleh Knowledge Exchange and Learning Lead, Knowledge Sector Initiative, Elisabeth Jackson

05Sep2018
Berita Terkini

Jumlah orang yang hidup dengan demensia di Bali saat ini menunjukkan angka yang sangat tinggi dan para ahli memperkirakan hal ini akan meningkat pesat dalam beberapa tahun mendatang apabila tidak ada langkah pencegahan yang signifikan yang diambil untuk memperlambat proses demensia.

04Sep2018
Berita Terkini

Memasuki era industri 4.0, pemerintah melakukan transformasi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Kunci pertumbuhan yang dahulunya menggunakan tenaga kerja dan modal, saat ini bertumpu pada penguasaan teknologi dan inovasi sebagai andalan penciptaan nilai tambah.

17Jul2018
Berita Terkini

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang P.S Brodjonegoro berjanji menindaklanjuti hasil dari Indonesia Development Forum 2018. Selain itu, dia juga mendorong inovator daerah terus memulai ide-ide dan praktik baik yang berasal dari kearifan lokal demi pembangunan di sekitarnya.

17Jul2018
Berita Terkini

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Pemerintah Australia melalui Knowledge Sector Initiative menggelar Indonesia Development Forum 2018 pada tanggal 10-11 Juli 2018 di Jakarta. Bertajuk “Terobosan untuk Mengatasi Ketimpangan antar-Wilayah di Seluruh Nusantara”, tema yang diusung tahun ini juga sejalan dengan salah satu agenda Nawa Cita dari Presiden Joko Widodo, yaitu ‘membangun Indonesia dari pinggiran’ dengan menguatkan sisi sosial, ekonomi, dan pengembangan sumber daya manusia di seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah tertinggal dan kepulauan.

22May2018
Berita Terkini

Sebagai upaya mendorong pemerataan pembangunan wilayah, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional menggelar Indonesia Development Forum 2018 bersama Knowledge Sector Initiative. Indonesia Development Forum tahun ini digelar tanggal 10-11 Juli 2018.

08May2018
Berita Terkini

Berbagai upaya sistemik dan langkah terobosan perlu dilakukan berbagai pihak terkait untuk mendorong terciptanya ekosistem riset, khususnya terkait kebijakan, yang lebih kompetitif di Tanah Air. Budaya pemanfaatan hasil-hasil riset yang berkualitas dan aplikatif, berdasarkan pengalaman di banyak negara maju, terbukti mampu meningkatkan daya saing dan ekonomi sebuah bangsa.

07May2018
Berita Terkini

Untuk meningkatkan pemahaman pemerintah daerah dalam pemanfaatan sistem perencanaan dana alokasi khusus (DAK) yang lebih efisien, terintegrasi, dan akuntabel di Tahun Anggaran 2019, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI yang didukung oleh Knowledge Sector Initiative (KSI) menggelar peluncuran dan lokakaryapemanfaatan aplikasi KRISNA yang merupakan sistem perencanaan berbasis elektronik pada 12-16 Maret 2018 di Kantor Bappenas, Jakarta.

07May2018
Berita Terkini

Kebijakan publik yang tepat dengan berbasis kajian bukti empiris menjadi keharusan untuk menjawab tantangan pembangunan di Tanah Air yang semakin kompleks dan multidimensi. Terkait hal itu, peran knowledge management yang memungkinkan para analis, peneliti, dan pengambil kebijakan saling berkolaborasi dan bertukar informasi menjadi hal mendesak.

02May2018
Berita Terkini

Media massa mempunyai peranan penting untuk memberikan data yang akurat dan terpercaya bagi masyarakat maupun para pengambil kebijakan publik di Indonesia. Sebagai bagian dari upaya untuk mempromosikan penggunaan bukti yang lebih baik dalam perancangan kebijakan publik, Knowledge Sector Initiative (KSI) berpartisipasi dalam TempoMedia Week yang digelar Tempo Media Group pada 24-27 November 2017 di Perpustakaan Nasional, Jakarta.

02May2018
Berita Terkini

Aspek kesetaraan gender dan inklusi sosial (GESI) akan disebutkan secara eksplisit di dalam buku Panduan Dana Hibah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Edisi XII yang tengah disusun Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Buku panduan itu rencananya akan diluncurkan pada Maret 2018. Langkah memasukkan GESI perlu dilakukan mengingat buku Panduan Hibah Dana LPPM pada edisi-edisi lama belum mengakomodir aspek penting itu. Usulan ini mengemuka di dalam diskusi terbatas yang digelar Kemristekdikti bekerjasama dengan Knowledge Sector Initiative (KSI) di Hotel Four Points, Jakarta, pada 13 November 2017 lalu.

02May2018
Berita Terkini

Guna memangkas kesenjangan antara lembaga riset dan dunia bisnis, CCPHI (Partnership for Sustainable Community) menggelar dua acara diskusi Forum Riset dan Bisnis (FRB) pada 22 dan 29 November 2017 di Kantor Knowledge Sector Initiative (KSI), Jakarta. Forum ini terdiri dari perwakilan sector swasta dan lembaga-lembaga riset, terutama yang berorientasi pada kebijakan (policies).

02May2018
Berita Terkini

Bekerjasama dengan Knowledge Sector Initiative (KSI), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyelenggarakan Forum Sosialisasi Sumber Daya Riset Kebijakan pada 20 Desember 2017 lalu di Jakarta. Kegiatan ini mempertemukan sejumlah direktorat di Bappenas dengan setidaknya 18 lembaga riset dari berbagai bidang atau fokus penelitian.

05May2017
Berita Terkini

Miko Ginting dari mitra KSI, PSHK, yang fokus pada Hak Asasi Manusia (HAM) dan reformasi hukum, diundang di bulan April sebagai pembicara untuk sesi persiapan Penilaian Periodik Universal (atau Universal Periodic Review (UPR)) PBB tentang Hak Asasi Manusia. Miko berbicara pada sesi tersebut mengenai status tiga jenis kebebasan mendasar di Indonesia: kebebasan berekspresi, kebebasan berasosiasi, dan kebebasan memeluk keyakinan masing-masing. Menurut riset PSHK dan organisasi lainnya, Indonesia pada tahun 2017 belum membuat kemajuan signifikan sejak penilaian UPR terakhir pada 2012.

05May2017
Berita Terkini

Sebagaimana dilaporkan dalam Update bulan Februari, KSI, bersama dengan mitra KSI, SurveyMETER, telah menguji dan memaparkan metodologi baru untuk memperkirakan Tingkat Pengembalian Investasi dari riset kebijakan. Setelah memaparkan metodologi ini, DFAT dan tim Pembangunan Sosial Bank Dunia meminta KSI (Tanty Djafar dan Arnaldo Pellini) untuk menggelar diskusi lanjutan. Maka, KSI bertemu kembali dengan tim Pembangunan Sosial Bank Dunia pada 5 April 2017.