Better Policies Better Lives TM
Events





Knowledge Sector on Social Media



Daftarkan email untuk mendapatkan info terkini mengenai publikasi dan undangan acara

Highlights
Berita Terkini

“Indonesia memiliki tradisi dan sumber pengetahuan lokal yang sangat kaya dan hidup. Kedua hal tersebut dapat menjadi dasar yang kuat untuk membantu melaksanakan rencana pembangunan nasional”, ujar Bambang Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, dalam sambutannya di seminar nasional pada tanggal 4 April 2017 tentang “Peran Kebudayaan dalam Pembangunan Nasional”, yang diselenggarakan oleh Bappenas dan didukung oleh KSI.

Berita Terkini

Pada 11 April 2017, KSI memfasilitasi sebuah sesi berbagi pengetahuan selama setengah hari mengenai Manajemen Jurnal: Kebijakan dan Praktik, bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), dimana dalam sesi ini, diberikan pengetahuan tentang studi diagnostik tentang jurnal kebijakan. Seminar ini bertujuan untuk memberikan jalan bagi pertukaran pengetahuan dan memperkuat interaksi antara pembuat kebijakan, akademisi, dan peneliti, sebagai tanggapan atas kurangnya temuan riset yang dikomunikasikan dengan baik, agar dapat menginformasikan pembuatan kebijakan di tingkat nasional. Lebih dari 50 peserta terlibat dalam diskusi tentang bagaimana meningkatkan publikasi yang berkualitas dan mengelola jurnal sebagai sumber informasi yang kuat dan media strategis untuk mengkomunikasikan baik studi teori dan praktik demi pembuatan kebijakan yang lebih baik di Indonesia.

Berita Terkini

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan di Bogor pada tanggal 14 – 15 Desember 2016, yang diselenggarakan oleh Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional (TIRBN), didukung oleh KSI, pada 20 April 2017 TIRBN menyelenggarakan diskusi tentang implementasi reformasi birokari dengan perhatian khusus pada pendidikan tinggi.

Knowledge Sector Interview

Sejarawan, akademisi, aktivis dan kini birokrat adalah beragam identitas yang melekat pada sosok Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Beragam identitas ini muncul dari perjalanan panjang Fay, begitu pria kelahiran 8 Maret 1968 ini akrab dipanggil dalam kiprahnya membangun manusia Indonesia. Ia membidani lahirnya Jaringan Kerja Budaya dan Institut Sejarah Sosial Indonesia. Minat mendalam pada kebudayaan dan sejarah membawa Fay menjadi editor untuk Asian Regional Exchange for New Alternatives (ARENA) dan Inter-Asia Cultural Studies Society. Setelah melewati proses seleksi ketat oleh Tim Pansel, ia menjadi satu-satunya Direktur Jenderal di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berasal dari jalur non-pegawai.

Berita Terkini

Pusat Pengetahuan Bappenas, yang didukung oleh KSI, berkunjung ke Bappeda Sulawesi Utara pada tanggal 6-8 Februari 2017 untuk melakukan identifikasi dan verifikasi terhadap praktik cerdas dari perencanaan dan penganggaran. Direktorat Alokasi Pendanaan Pembangunan Bappenas, bersama dengan konsultan dan staf KSI, bergabung dalam kunjungan tersebut. Program ini menyertakan sebuah diskusi pleno yang dihadiri oleh sekitar 50 perwakilan pemangku kepentingan dari Provinsi Sulawesi Utara. Diskusi tersebut bertujuan untuk mendokumentasikan informasi tentang proses dan mekanisme praktik penganggaran. Kunjungan juga dilakukan ke Kota Bitung untuk melihat keberlanngsungan penerapan praktik “cerdas”.

Library and Publications